Alur Pelayaran Palembang ( Sungai Musi )
Alur Pelayaran Palembang (sungai musi)
Palembang merupakan daerah provinsi di Sumatera Selatan yang memiliki akses alur pelayaran dari Tanjung Buyut melalui sungai Musi ke pelabuhan Palembang yang ditempuh dengan jarak lebih kurang dari 54 mil laut.
Bisa kita lihat dari gambar berikut ini sebagai panduan bernavigasi.
Penjelasan gambar di mulai dari Pelabuhan Palembang - Alur Sungai Musi - Ambang Luar.
PETA-PETA DARI BADAN HIDROS SEBAGAI PENDUKUNG BUAT NAVIGASI:
Contoh Pasang Surut Alur Sungai Musi sebagai berikut:
Palembang merupakan daerah provinsi di Sumatera Selatan yang memiliki akses alur pelayaran dari Tanjung Buyut melalui sungai Musi ke pelabuhan Palembang yang ditempuh dengan jarak lebih kurang dari 54 mil laut.
Bisa kita lihat dari gambar berikut ini sebagai panduan bernavigasi.
View dari atas pesawat udara sekitar alur sungai musi dan sekitarnya. |
Penjelasan gambar di mulai dari Pelabuhan Palembang - Alur Sungai Musi - Ambang Luar.
URUTAN GAMBAR DARI PELABUHAN PALEMBANG NO.1 |
REDE BOOMBARU DAN SEKITARNYA NO.2 |
REDE GERONG DAN PLAJU NO.3 |
PULAU SALAH NAMA DAN SEI LAIS NO.4 |
REDE PRAJEN NO.5 |
KUMBANG MERAH DANGKALAN PULAU MISTERI NO.6 |
REDE PABRIK SST DAN PULAU BURUNG NO.7 |
PULAU JARAN PERHATIKAN DAFTAR PASANG SURUT LWS 3.7MTR NO.8 |
DELTA UPANG DAN SUNGAI UPANG NO.9 |
PULAU AYAM ( Informasi terupdate Agustus 2018 bahwa P. Ayam sudah HILANG akibat abrasi yang tinggal hanya LAMPU Putih Racon tanda Gosong ) AN SIDUMARA SUNGAI DAENG NO.10 |
PULAU SINGGRIS DAN TIANG GOL NO.11 |
KERAMAT TIKUNGAN EXTRA WASPADA NO.12 |
KERAMAT SKETSA TIKUNGAN KAPAL |
PARIT 12 TO PULAU PAYUNG DAN SUNGSANG NO.13 |
SUNGSANG TO STASIUN BUYUT NO.14 |
TANJUNG CARAT TO AMBANG LUAR LIHAT WAY POINT BUOYNYA NO.15 |
Juga gambar berikut ini sebagai tampilan peta laut lainnya:
JARAK DARI AMBANG LUAR KE BOOM BARU BEGITUPUN SEBALIKNYA. |
PETA NO.1 |
PETA NO.2 |
PETA NO.3 |
DROP ANCHOR POSITION AND RANGE |
PERKIRAAN HALUAN SEJATI YANG DIPAKAI DARI AMBANG LUAR KE PELABUHAN DAN REDE PALEMBANG. |
Secara rinci urutan masuk alur Sungai Musi dari ambang luar sampai pelabuhan Palembang sebagai berikut:
1. Buoy 1,2 tng gwg 3-4, 5-6. PBG 3 (ch.16)
2. Tanjung Buyut (carat)
3. Buoy hijau Buyut
4. Sungsang (pertamina-pltstn)
Buoy merah Sungsang
5. P. Payung
6. Parit 12 (merah dua sejajar torn)
7. Makarti ( daerah )
8. P. Kramat ( tikungan )
Transit Tiang Gol
9. P. Singgris (U-S)
10. S. Sedumara ( tikungan )
11. T. Pegajahan ( L. hijau )
12. Buguru ( daerah )
13. P. Ayam ( 6 > M kna/ < 6 kri )
14. S. Upang ( daerah )
15. Transit lmp merah Upang
16. Transit lmp hijau Upang
17. Helen ( pulau dangkalan )
18. Selat Jaran ( lws 4.0 M 0,15 kanan )
19. SST ( pabrik )
20. P. Keladi
21. P. Burung (anch. alt call intercom ch.12)
22. S. Borang
23. Garcia ( ch.16 ganti ch.12 call intercom )
24. P. Bebek
25. S. Anyer Kumbang
26. Prajen ( anchorage 1 )
27. Aspalindo
28. P. Salahnama ( tikungan ) sutet
29. Buoy 1 ( hijau salah nama )
30. Buoy 2 ( merah) n Buoy 3 ( hijau)dktkan buoy 2
31. Buoy 4 (merah) sbh kanan anch. Pac
32. Gerong ( anch. 6 - 1 ) sblh kanan
33. Plaju ( anch. 1 - 5 )
34. Bagus Kuning
35. Pusri ( ancorage )
36. Boombaru (anchorage) Port .
3. Buoy hijau Buyut
4. Sungsang (pertamina-pltstn)
Buoy merah Sungsang
5. P. Payung
6. Parit 12 (merah dua sejajar torn)
7. Makarti ( daerah )
8. P. Kramat ( tikungan )
Transit Tiang Gol
9. P. Singgris (U-S)
10. S. Sedumara ( tikungan )
11. T. Pegajahan ( L. hijau )
12. Buguru ( daerah )
13. P. Ayam ( 6 > M kna/ < 6 kri )
14. S. Upang ( daerah )
15. Transit lmp merah Upang
16. Transit lmp hijau Upang
17. Helen ( pulau dangkalan )
18. Selat Jaran ( lws 4.0 M 0,15 kanan )
19. SST ( pabrik )
20. P. Keladi
21. P. Burung (anch. alt call intercom ch.12)
22. S. Borang
23. Garcia ( ch.16 ganti ch.12 call intercom )
24. P. Bebek
25. S. Anyer Kumbang
26. Prajen ( anchorage 1 )
27. Aspalindo
28. P. Salahnama ( tikungan ) sutet
29. Buoy 1 ( hijau salah nama )
30. Buoy 2 ( merah) n Buoy 3 ( hijau)dktkan buoy 2
31. Buoy 4 (merah) sbh kanan anch. Pac
32. Gerong ( anch. 6 - 1 ) sblh kanan
33. Plaju ( anch. 1 - 5 )
34. Bagus Kuning
35. Pusri ( ancorage )
36. Boombaru (anchorage) Port .
MEMBUAT WAYPOINT PETUNJUK MASUK ALUR DARI AMBANG LUAR KE STASIUN TANJUNG BUYUT
Update (17-08-2018) Petunjuk Waypoint memasuki Alur dari Ambang Luar (outer buoy) ke Stasiun Pandu (Tanjung Buyut) :
Waypoint No. 1 : 02 10.80 S - 104 56.20 E
Waypoint No. 2 : 02 11.85 S - 104 55.36 E
Waypoint No. 3 : 02 12.50 S - 104 55.40 E
Waypoint No. 4 : 02 15.90 S - 104 55.40 E
Waypoint No. 5 : 02 19.40 S - 104 55.20 E
Update (17-08-2018) Petunjuk Waypoint memasuki Alur dari Ambang Luar (outer buoy) ke Stasiun Pandu (Tanjung Buyut) :
Waypoint No. 1 : 02 10.80 S - 104 56.20 E
Waypoint No. 2 : 02 11.85 S - 104 55.36 E
Waypoint No. 3 : 02 12.50 S - 104 55.40 E
Waypoint No. 4 : 02 15.90 S - 104 55.40 E
Waypoint No. 5 : 02 19.40 S - 104 55.20 E
Sebagai petunjuk tempat berlabuh di ambang luar dan area PILOT BOARDING GROUND ( forigner vessels ) yang notabene tidak paham alur atau Perdana datang ke Palembang adalah sebagai berikut:
Anchorage Area and Pilot Boarding Ground At Tanjung Buyut Outer Bar. |
Contoh Pasang Surut Alur Sungai Musi sebagai berikut:
Daftar Pasang Surut yang sudah di sahkan oleh Syahbandar setempat dan di ketahui oleh Menejer Kepanduan Palembang |
Akhirnya mungkin inilah yang sekiranya menjadi petunjuk jalan menuju Alur Sungai Musi ke Pelabuhan Palembang.
Lebih detail dan lengkapnya dapat juga di klik website berikut ini.
Salam Penulis |
Kritik dan Saran sangat membantu demi terciptanya barokah bagi semua orang.
Semoga bermanfaat dan menjadi petunjuk bagi semua Seafarer Pelaut Pemandu Pemakai alur pelayaran Palembang dan sekitarnya.
Terima Kasih.
Sangat membantu 👍 thanks a lot capt 🙏
ReplyDeleteYou are wellcome.
ReplyDeleteKritik dan saran sangat membantu.
Terimakasih capt 🙏
ReplyDelete