Pelayaran

PELAYARAN

Pelayaran merupakan sarana yang penting untuk menjaga keselamatan berlayar bagi berbagai macam kapal. Di bidang ekonomi, pelayaran masih diperlakukan sebagai industri penunjang. Tak ada perlakuan khusus, sebagaimana diterapkan oleh negara-negara maju. Kemudian, bentuk-bentuk conference yang dicoba diterapkan di lingkungan pelayaran masih ditafsirkan sekalangan ekonom Indonesia sebagai bentuk kartel atau monopoli ekonomi.
Pelayaran ini digunakan tak hanya ekonomi tapi juga digunakan dalam bidang olahraga, (kapal layar)
Pelayaran adalah salah satu penunjang yang utama untuk berkembangnya ekonomi dalam suatu negara sebab sarana transportasi yang paling memadai yaitu transportasi laut dengan pelayaran, tak heran para ekonom menyebutnya pelayaran merupakan nomor "wahid" penunjang dan penopang dari semua ekonomi.
Pelayaran itu bermula ada sejak zaman dahulu kala kalau di kaitkan dengan sejarah di mulai dari para nabi dan rasul, para petualang, para pedagang yang merupakan cikal bakal pelayaran itu ada. 
Saat ini pelayaran berkembang pesat seiring berkembangnya ekonomi, oleh karena dasar pelayaran itu ada dimulai dengan adanya ilmu tentang berlayar maka tak heran dengan berkembang pesatnya pelayaran bermula dari pendidikan pelayaran; sekolah-sekolah pelayaran - sekolah maritim baik formal maupun informal. Berkembangnya pelayaran secara global itu ada oleh karena pelayaran tersebut memiliki wadah yang terus menerus di perbaiki dan disetarakan dengan pertumbuhannya wadah tersebut yang setiap negara anggotanya wajib mengikuti aturan-aturan yang ada, adalah IMO ( International Maritime Organization ) yang merupakan wadah dalam perkembangannya pelayaran sekarang. Adanya konferensi-konferensi dan kesepakatan anggota-anggotanya menjadi patokan hukum maju dan berkembangnya pelayaran seperti yang paling terupdate saat ini konvensi Manila 2010.
Keberhasilan pertumbuhan ekonomi suatu negara dimulai dari berkembangnya pelayaran; transportasi laut, hasil laut dan budi daya laut merupakan keberhasilan suatu negara maritim.

Maju dan Mundurnya Pelayaran Indonesia
Keberhasilan suatu pelayaran yang jelas menggunakan transportasi laut tidak lepas dari sarana penunjang yaitu kapal laut, pertumbuhan tekhnologi menjadikan kapal yang cepat praktis dan ekonomis adalah suatu kebutuhan yang harus di penuhi guna maju dan berkembangnya suatu negara maritim, Indonesia merupakan negara maritim terbesar saat ini yang wajib menggunakan sarana transportasi laut untuk maju dan berkembangnya ekonomi di mulai dengan perdagangan pergerakan barang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain itulah pelayaran.
Hal-hal yang dapat dijadikan rujukan untuk memajukan pelayaran nusantara kita yaitu;
a. Sumber Daya Manusia
b. Sumber Daya Alam
c. Perdagangan Global 
d. Keanggotaan IMO
e. Paham dan mengerti arti pentingnya pelayaran guna pertumbuhan ekonomi dari sejak dini nusantara kita adalah "laut".

Alhasil lagi-lagi kita negara maritim nusantara yang luas ini faktor utama sebagai pelopor berkembangnya ekonomi adalah "kita" sebagai sumber daya yang paling hebat guna kemakmuran kita sendiri.
Mari cintai pelayaran kita, sukai nusantara kita, perbaiki kekurangan kita karena asal usul para pendahulu kita adalah dari pelayaran (para pedagang yang menggunakan kapal laut untuk berlayar) Indonesia.

Terima Kasih,
Ba'da Subuh - kota Pempek, 15.04.2016
Robani.


Comments

Popular posts from this blog

Alur Pelayaran Palembang ( Sungai Musi )

Pemanduan Ketapang Kalbar

Serba Serbi Alur Sungai Musi